langit n bumi

Pikiran Selangit, Namun Kaki tetap di Bumi

langit n bumiPikiran boleh menerawang tinggi-tinggi, melampaui langit sampai ke mega-mega, tapi jangan hilang akal, segera sadar bahwa kaki masih bertumpu di bumi Nya.

Merasa hebat, melebihi orang kebanyakan disatu lingkup pengetahuan tertentu belum bisa dikatakan bahwa kamu diatas mereka semua. Bolelah hal demikian itu ada, tapi meski sadar bahwa semua itu hanya sebatas konsep abstrak, hanya ada pada pemikiran belum mewujud sebagai suatu yang kongkret n dilihat oleh semua orang.

Perjuanganmu hanya akan sia2 bila konsep yang ada dalam pikiranmu belum kau tuangkan kepada satu tesis baru atas suatu kondisi dalam hal ini keilmuan yang kau geluti. Sy tahu kau ingin menghadirkan suatu corak pemikiran baru pada dunia keilmuan yang kau geluti yaitu pemikiran-pemikiran sosial, filsafat yang mana membongkar praktek-praktek ketidakadilan, pembiaran pada sekelompok masyarakat sipil yang tak berdaya.

Saya juga tahu, pemikiranmu itu lahir karena kau sadar bahwa memang ada banyak hal yang ingin diperbaiki dari kemapanan keilmuan yang berkembang n terimplementasi seperti sekarang ini. Kemapanan itu bukan terletak dari praktek-praktek atau kerja-kerja nyata yang terlihat secara empiris dilapangan tetapi ada pada bangunan konsep keilmuan yang selama ini digunakan.

Menjadi tugas besarmu bahwa segala hal terkait pengetahuan itu telah kau peroleh dan pahami betul dengan begitu akan dengan mudah menemukan titik singgung membongkar n merumuskan tesis baru sesuai jalan pikiranmu sendiri.

Pertanyaan meski diajukan, sudah seberapa jauh penelusuanmu tentang keilmuan yang kau ingin bongkar ? apakah sudah lengkap atau kah belum dimulai baru hanya sebatas hasrat kuat?

Sepeti apapun itu bentuknya, memang disadari pemikiran seperti itu suatu yang beyon dari kebanyakan, tapi awas, jangan sampai pergelutanmu dengan konsep2 itu bisa mengerogoti secara normal waktu n masa depanmu yang itu merupakan urusan wajib yang harus kau jalani seagai tanggung jawab moral pada keluraga dekat disekitarmu.

Sy sekarang kau tahu, kau berada dalam prosisi dilema antara menjalani hidup secara normal yang itu bisa mencederai keinginan kuatmu untuk merubah kemapanan satu sisi dan mengikuti, dan membuat nyata konsep-konsep pemikiran yang ada dibenak tapi itu bisa dilakukan dengan kerja2 keras nyata n konsekuen di sisi lain.

Satu pesanku terbanglah tinggi2 tapi jangan lupa untuk turun menginjak bumi

Salam

by Umaee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s