MSG

Pantangan Makanan

Beberapa hari yang lalu, tiba-tiba kabhisu (bisul) muncul di salah satu bagian tubuhku, kondisi ini membuat saya terbatasi beraktivitas seperti sewajarnya. Padahal selama ini itu belum pernah terjadi sebelumnya, saya memcoba mengingat kembali apa yang telah saya lakukan sebelumnya hingga itu bisa ada. ada yang bilang apapun penyakit atau kondisi tubuh kita masa kini tidak terlepas dari perilaku makan, aktivitas kita seharian. Ku berpikir, selama ini aktivitasnku normal-normal saja, tidak ada yang terlalku berat atau ringan kulakukan.

Bagaimana dengan makanan, ilmu kimia farmasi mengajarkan bahwa makanan-makanan instan, fast food, kebanyakan mengandung MSG (Mono Sodium Glutamat) yang itu tidak baik untuk kesehatan tubuh. Kucek apa yang telah saya makan beberapa hari sebelumnya, ternyata benar, hampir setiap malam saya memakan mie Instant, sementara itu didalam mie instant memang benar ada MSG. Akhirnya bisa saya simpulkan inilah yang menyebabkan penyakit kabhisu itu ada sama saya.

Mengetahui penyebab dari penyakit ini akhirnya saya memutuskan untuk tidak lagi atau mengurangi makan mie instant, dengan pengetahuan tentang obat2an yang saya punya akhirnya saya memutuskan untuk membeli obat anti inflamasi yang mana bisa menyembuhkan paling tidak mengurangi penyakit kabhisu tersebut. Obat yang kuputuskan untuk beli adalah Acetaminofen, didalam obat ini terdapat tiga khasiat yakni, antiinflamasi, analgetik, dan antipiretik. Dan paling aman digunakan oleh orang anak2, dewasa dan tidak direkomendasikan pemakaian tanpa pemantauan dokter untuk bayi. Obat ini termasuk juga dalam golongan obat bebas. Sehingga di manapun toko obat pasti kita bisa membelu walaupun tanpa resep dokter. Alhamdulillah, setelah 3x menelan obat ini, perlahan2 penyakit kabhisu yang saya idap perlahan-laham sembuh.

Pesan dari kejadian ini adalah saya tidak akan gegabah lagi untuk memakan makanan-makanan dengan MSG didalamnya. Mungkin juga buat kita semua

Salam

by Umaee

Leave a Reply

