self

Menggenggam Kuasa Diri

Kendali penuh atas diri kita memegang peranan penting dalam mengarahkan tubuh kita akan hendak kemana dia mengarah. tanpa kendali ataupun memegang kendali dengan setengah-setengah sama saha dengan membiarkan tubhh mati tak berdaya. Ini penting sebagaimana kapal tanpa kemudi akan gampang diombang ambil olehbadai, gelombang bahkan riak sekalipun, pada akhirnya yang akan terjadi kalau tidak karam akan menjadi kapal hantu karena krunya akan tua dan mati kelaparan

Pada kendali atau dalam kapal dianalogikan dengan kemudi itu ada jiwa, bara api semangat, dan itu dipegang oleh seorang kapten yang dengan segala kewenangan yang dimilikinya berhak memerintahkan dan mengarahkan segala sesuatu yang ada di atas kapal tanpa khawatir ada interupsi atau sikap pembangkang dari anak buahnya. Oleh karena itu, kapten harus mempunyai skill yang tanggap, pembuat keputusan yang cepat bila suatu keadaan yang genting misalnya bila badai, topan laun datang menerjang. disamping itu ada konsekuensi berupa tanggung jawab penuh atas kerugian, cemoohoan sampai pujian yang akan dialamatkan kepadanya.

Analogi kapten kapal tadi bila kita lihat pada tubuh/diri kita, kita akan mendapati kewenangan, tanggung jawab yang sama ada pada otak dan semangat jiwa yang menggerakkan, menyuruh, memerintahkan segala perkakas yang melekat dalam tubuh kita. Kesemunya itu ada dalam satu kata yakni kehendak. Kekuatan kehendak ini pula yang melebihkan manusia dengan non manusia. namun tidak semua manusia sadar akan itu, kadang kuasa atas kehendak itu dimiliki dengan sempurna, disaat yang lain kadang pula kuasa atas kehendak itu samar-samar bahkan hilang sama sekali.

Oleh karenanya menjaga konsistensi dan kuasa penuh atas kehendak itulah yang harus dimiliki dengan begitu segala aral yang menghadang bisa diselesaikan. Akan tetepi, seiring dengan berjalannya waktu ia mesti diberi makan dan energi yang cukup, disitulah peran makanan sebagai sumber energi yang membantu memberi tenanga demi menjamin konsistensi dan performa terbaik dari otak dan jiwa yang melahirkan kuasa kehendak tadi. Cukupilah ia dan hasrat membucah karena riang akan kau dapati.

Salam

by Umaee

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s