Harmoni itu Indah

Disetiap tempat selalu memiliki dinamika masing-masing, dinamika itu tumbuh dan berkembang sejauh semua aspek yang terlibat masing-masing memberi sumbangsih terbaiknya demi suatu cita-cita dan harmoni yang ingin dibangun. Mumpung ini suasana Ramadhan, tiada salah lah kalau beberapa penegasan dalam tulisan ini sedikit ku cuplik subtansi dan potongan kalimat-kalimat yang maha kuasa yang agung dan relevan. Di dalam suatu perkataan Nya, Dia menyampaikan bahwa bila suatu kaum disuatu daerah beriman ke pada Allah maka sejahteralah dan mudahlah hidayah Nya diturunkan di daerah tersebut.

Ya, hidayah itu lah yang kini mengilhami kami, tempat saya bernaung menjadi tempat yang baik dan harmoni bagi kami yang tinggal. Di kossan yang kecil sederhana ini, banyak kisah yang terlalui dengan senyum, tawa dan ceria dari kami sebagai tempat berdiam dan melepas lelah disela-sela kesibukan kampus yang berat. Sedikit kuceritakan keadaan kossan ku ini. Dari penghuni yang ada terdapat fariasi asal ada yang berasal dari jawa ; pati, dieng, megelang, semarang, cilegon dsb. Sumatera ; medan. Sulawesi ; buton, kendari. Bali. Dari strata dalam menempuh pendidikan dikampus terdapat strata satu, strata dua dan strata tiga.

Interaksi yang terjalin diantara kami melahirkan Diaspora budaya baru dimana masing-masing anak kossan saling menghormati, menyayangi, merawat, toleran. Ini pula yang oleh Falsafah Buton belasan abad yang lalu telah ada yaitu Poangka ngataka, Poma masiaka, Popia piara dan Pobhinci bhinci kuli. Tiada lah suatu harmony bila tak ada satu acara, kegiatan bersama yang saling dan dilakukan terus-menerus. Begitupun disini banyak kegiatan kami lakukan bersama adakalanya jadi undangan untuk makan bersama di acara syukuran ibu kos, acara syukuran ultah kawan, acara syukuran berhasilnya proyek penelitian, acara makan cemilan sore, makan malam dan sahur bersama.

Tentu saja disela kegiatan selalu diselingi dengan canda, tawa, debat, saling menyanjung sampai saling menjatuhkan, kadang-kadang juga ada karakter assasination oleh satu atau beberapa teman kost (tapi selalu berakhir dengan senyum) , akan tetapi semua itu mau tidak mau saya akui juga merupakan perekat yang kuat untuk menjamin kokohnya kebersamaan kami.

Alangkah bagus semua itu namun ada yang mising dari misi pribadiku sendiri yaitu suasana harmoni ini less upaya, support dan exercise untuk menaikkan dan memaksimalkan potensi masing-masing, Insya Allah ke depan itu bisa terjadi. Amiin

Salam

by Umaee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s