Kontroversi tentang Komodo itu pun Terjawab

Kontroversi pulau Komodo maju dalam pemilihan new7wonders of nature sangat marak pada 10 hari terakhir sebelum pengumuman diumumkan. Beragam serangan dan intimidasi supaya rasa nasionalisme yang sempat mucul pada awal pulau komodo masuk dalam nominasi new7wonders dipertanyaan. Seolah bersikap kritis bahwa rasa nasionalisme itu telah dipermainkan oleh panitia penyelenggara new7wonders yang ada tim pemenang yang ada di Indonesia.

Sikap kritis itu, mengusik dengan harapan masyarakat Indonesia tidak usah mendukung pulau komodo menjadi salah satu new7wonders, Berbagai cara atau pandangan yang mereka kemukakan.

Pertama, mereka mempertanyakan penyelenggara new7wonders yang notabene adalah yayasan swasta, yang tidak di akui oleh UNESCO, dan para pengkritik menganggap sebagaimana yayasan-yayasan swasta lainya didirikan dengan tujuan untuk mendapatkan untuk dari kegiatan yang mereka lakukan. Untung yang didapat dari pembayaran sejumlah uang untuk mengikutsertakan suatu daerah dalam kompetisi yang mereka buat.

Kedua, sebagaimana telah saya sebutkan diatas, masyarakat dipermainkan rasa nasionalismenya dengan maksud menyedot uang yang dilakukan melalui vote sms untuk dukung pulau komodo dengan nilai Rp. 1/sms. Para kritiker berharap menyadarkan masyarakat bahwa uang didapat dari vote sukarela itu, asumsinya akan dimanfaatkan untuk kepentingan dan keuntungan tertentu dari pihak panitia pemenangan.

Ketiga, tanpa di dukung atau masuk dalam new7wonders pun pulau komodo telah menjadi salah satu keajaiban dunia, yang telah dikenal luas oleh masyarakat dunia. Oleh karena itu, menjadi salah satu new7wonders baru dikhawatirkan akan mempengaruhi habitat dari komodo, menjadikan komodo stress dan cenderung akan punah sebagai kontradiksi dari konservasi yang dilakukan selama ini.

Menanggapi gencarnya kritik dan upaya oleh sekelompok orang untuk menghalangi sekelompok masyarakat lain untuk tidak mendukung pulau Komodo menjadi new7wonders adalah wajar disuarakan oleh mereka-mereka yang tidak mengerti akan arti kemenangan dan manfaat yang akan didapat bila komodo terpilih menjadi one of the new7wonders of nature.

Kritikan pertama saya akan menjawab, benar bahwa yayasan new7wonders adalah yayasan swasta, secara otomatis keberadaanya tidak diakui oleh UNESCO. Bukan berarti ini  yayasan new7wonders tidak berpengaruh dalam mempromosikan situs-situs tertentu untuk dikenang oleh masyarakt dunia. Kalau kita cermati lebih dalam UNESCO dan new7wonders adalah dua hal yang berbeda. UNESCO sebagai mana kita ketahui memilih dan menetapkan tempat-tempat di dunia yang eksotik perlu dilestarikan dan dipertahankan eksistensinya. UNESCO tidak menjust situs tertentu yang paling bagus atau menarik, namun UNESCO dalam menilai situs-situs tersebut adalah sama, tidak mebeda-bedakan dan mesti dilestarikan.

Berbeda dengan new7wonders, yang mengajak masyarakt dunia untuk memilih situs-situs yang mereka anggap baik ataupun terbaik dan semua dukungan itu dirating dan 7 dukungan terbanyak adalah pemenang, dan mereka adalah pilihan masyarakat dunia saat ini atau lebih tepatnya saat penyelenggaraan kompetisi dilakukan. Itu tidak berarti bahwa situs-situs lain bukan merupakan keajaiban dunia.

Harus diakui diawal-awal pembentukannya new7wonders bermasalah dengan UNESCO namun saat ini masalah itu telah terselesaikan bahkan salah satu Panelis dalam memilih situs-situs tersebut berasal dari UNESCO juga. Lalu kenapa meski ada yang mempertentangkanya ?

Kritikan kedua tentang keuntungan yang diambil oleh pihak-pihak tertentu dari vote Rp. 1/sms yang dilakukan masyarakat adalah kekhawatiran tak beralasan. saya menyebunya Jump to conklusion. Rp. 1000/sms kemudian Rp. 1/sms dan sekarang menjadi Rp. 0/sms. Dari penjelasan oleh Emmy Hafids (Ketua Pemenagan Komodo), uang yang dikumpulkan dari sms itu adalah semata-mata digunakan untuk keperluan administratif pulau komodo untuk diikut sertakan dalam new7wonders. Untuk membayar lisensi untuk menjadi salah satu perseta, dipihak operator digunakan untuk membayar kontent provider, biaya opesional seperti marketing dll. Oleh karena itu, tidak usah khawatir uang yang dikirim lewat vote tersebut akan dinikmati oleh sekelompok orang.

Beruntung dipilihnya JK sebagai duta pemenangan komodo, dan berkat jasanya pak JK melobi kepada provider untuk menurunkan Rp. 1000/sms menjadi Rp. 1/sms. Dan karena dukungan dan nasionalisme yang begitu kuat dari masyarakat Indonesia. Oleh provoder bersepakat untuk menjadikan Rp. 0/sms demi untuk terpilihnya pulau komodo menjadi salah satu new7wonders of nature.

JK juga mengungkapkan di mass media, sudah dua kali perjalanannya ke pulau komodo, menggunakan biaya pribadinya. Mengapa kita begitu khawatir masyarakt dirugikan ?

Kritikan ketiga tentang ketakutan oleh para pengkritik dengan terpilihnya pulau komodo menjadi salah satu new7wonders akan mengancam komodo itu sendiri. Kritikan ini perlu diapresiasi, perlu diingat komodo adalah salah satu binatang yang paling cepat beradaptasi dengan lingkungan baru. Oleh para ahli ekologi telah meneliti Komodo adalah binatang yang telah mampu bertahan dari kepunahan akibat 33 kali perubahan iklim dunia. kemampuan survive ini, tidak akan punah hanya karena terpilih sebagai salah satu new7wonders.

Memang iklim bukan salah satunya yang mempengaruhi faktor kepunahan, yang lain predator, lingkungan habitatnya dan manusia. Terkait manusia yang selama ini ditakutkan oleh para pengkritik akan memberi sumbangsih pada kepunahan komodo, telah di atur dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab negara berupa menjadikan pulau Komodo menjadi Taman Nasional Komodo, yang didalamnya ada aturan yang ketat yang mengatur para wisatawan baik dalam dan luar negeri untuk melihat dan berada disekitar Komodo. Apalagi data dari Taman Nasional Komodo, menyebutkan bahwa 95% dari keseluruhan wisatawan yang ke pulau Komodo adalah wisatawan luar negeri. Kalau memang demikian kenapa meski takut dan khawatir ?

Untuk sekarang pulau komodo menjadi finalis new7wonders saja, telah membangun 4 hotel mewah untuk para wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau tersebut. Jadi keuntungan ekonomi dari ajang ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, meningkatnkan pariwisata di NTT selain dari wisata komodo.

Untuk saat ini, karena kecintaan saya sama pulau komodo, saya telah 5000 kali lebih sms dukungan untuk pulau komodo terpilih menjadi new7wonders of nature. Gimana dengan Anda ??

***Azanuddin Umaee***

2 thoughts on “Kontroversi tentang Komodo itu pun Terjawab

  1. Bagaimana dengan data statistik bahwa tidak ada peningkatan yang signifikan dari pemenang new7wonder 2007?

    priyadi.net/archives/2011/10/26/dampak-ekonomi-new7wonders/

    Mungkin agan bisa counter argument yang satu ini.🙂

    Kalo saya, jujur saja sedang nunggu konsep nyata pemerintah bagaimana pelestarian komodo. Jangan sampai nanti nasib Komodo seperti Orang Utan, Harimau Sumatra dan Badak bercula satu.🙂

    • Makasih mungkin sy akan coba kesana…,
      ttng data statistik, sy sudah pernah baca juga dibeberapa media,
      dan tanggapan saya, secara geografis, dan demografis berbeda.

      Untuk pulau komodo sedikit lebih eksotis, disamping komodonya juga, daerah disekelilingnya penuh dengan t4 wisata yg indah namun, belum dikenal secara internasional.

      dengan pulau komodo menjadi finalis saja, wisatawan meningkat pesat ke pulau komodo dan sekaligus berwisata ke t4 disekitarnya. hingga sekarang sj, pihak NTT telah membangun 4 buah hotel u menampung para wisatawan tersebut.

      singkatnya ada add value lain yg bagus untuk pariwisata di NTT, selain komodo
      salam😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s