Kemeriahan HUT Jogja ke 255 dengan Pawai Mozaik Jogja

HUT kota Jogja hari ini (7/10/2011) adalah yang ke 255 tahun, beragam kisah dan peristiwa telah dilalui oleh kota ini dengan syarat arti dan membanggakan bagi perjuangan sekaligus mengisi kemerdekaan negara Indonesia. Rasa bangga kepada kota ini atas berbagai pencapaian tersebut telah memberi semangat dan rasa cinta yang mendalam kepada seluruh warga yang tinggal dan menjalankan kehidupannya di kota ini. Salah satu bentuk rasa cinta tersebut adalah dengan mengadakan acara untuk memeriahkan HUT kota Jogja dengan Pawai Mozaik Jogja yang berlangsung tadi sore.

Dari liputan yang saya lakukan, antusiasme ini merata untuk semua kalangan. Antusiasme itu kemudian diwujudkan dalam mengirimkan anggota-anggota dari tiap-tiap lapisan masyarakat untuk ikut pawai bersama-sama dengan komunitas warga yang lain. Pawai Mozaik Jogja kali ini mempunyai rute dari Alun-alun Utara Keraton dan berahir di Balai Kota. Sementara acara puncak akan dilakukan di Balai Kota dengan Panjat Pinang dengan melibatkan seluruh rakyat Jogja sebagai inti dari peringatan HUT ke 255 kota Jogja kali ini.

Panjat Pinang dipilih sebagai acara puncak dikarenakan, permainan ini tidak hanya digunakan untuk meramaikan suasana HUT melainkan permainan ini syarat makna terutama bagi warga Jogja sendiri. Makna yang bisa diambil antara lain; Dalam permainan panjat pinang dituntut harus kerja sama antara grup bila ingin sukses dan meraih hadiah yang telah diikat pada puncak pinang. Ini mempunyai arti bahwa masyarakat Jogja sudah dari dulu bahu-membahu dalam memperjuangkan dan menjaga ketahanan negerinya dari serangan-serangan musuh yang ingin memecah belah ke arah kota Jogja yang berkeadaban karena pendidikannya.

foto by umaee

Selanjutnya Apabila para pemain telah berhasil mencapai dan mendapatkan hadiah yang diikat di puncak pinang tersebut, dengan serta merta hadiah itu kembali diberikannya kepada orang-orang yang menanti dibawahnya. Ini berarti apabila ada warga kota Jogja yang telah berhasil dalam kehidupannya, mereka dengan segala apa yang telah didapatnya tersebut akan dibagi, diajarkan kepada masyarakat kota Jogja demi kerukunan dan kemakmuran bersama.

Saya berharap semoga dengan memperingati HUT Jogja kali ini, panasnya pemilu kada beberapa waktu yang lalu telah dilupakan dan warga kota Jogja kembali bersatu demi cita-cita membangun Jogja membangun Indonesia.

foto by umaee

foto by umaee

foto by umaee

foto by umaee

foto by umaee

foto by umaee

One thought on “Kemeriahan HUT Jogja ke 255 dengan Pawai Mozaik Jogja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s