Mudik Ceria, Aman & Selamat Yang Paling Utama

PULKAM atau pulang kampung atau mudik menjadi pengalaman yang mengasikkan, apalagi pulkamnya berada disuasana lebaran. Menjadi asik karena bukan cuman kita sendiri yang pulang kampung melainkan juga mereka-mereka yang telah lama dalam perantauan yang ingin menyambung kembali tali silaturahmi yang sempat terputus tidak menginjakkan kaki di kampung tercinta.

Dalam keadaan tersebut, hati yang senang, suka cita, dan tak ingin melewatkan moment tersebut, semua bekal dipersiapkan selama perjalanan pulang kampung. Ada beberapa saran atau informasi yang bisa dipertimbang oleh para pemudik yang dapat digunakan untuk panduan bermudik supaya aman, senang dan selamat……

Berikut Informasi dan saran tersebut :

A. Berkaitan dengan Tiket Keberangkatan

1. Pantaulah Jadwal Keberangkatan dihari Kita berencana akan pulang

Ini penting supaya kita bisa memperkirakan, transportasi apa yang akan kita gunakan untuk pulang kampung, pengalaman saya seminggu sebelum hari lebaran tiba, armada transportasi yang biasa kita naiki misalnya armada transportaasi X, untuk pulang kampung sudah dialihkan rutenya ke tempat tujuan lain. sehingga harapan kita untuk mengantungkan satu-satunya kepada armada transportasi X tersebut bisa mengagalkan mudik kita karena perubahan rute tempat tujuan.

2. Membeli Tiket sebulan atau Tiga Minggu sebelum Keberangkatan

Tiket penting untuk memudahkan kita melewati berbagai aturan administrasi selama perjalanan mudik, tiket pun menjadi batu sandungan, sehingga kita merasa kesal apabila, kisaran harganya dapat melampaui rata-rata harga diwaktu normal. Antisipasinya adalah beli lah tiket sebulan atau tiga minggu sebelum keberangkatan. Disamping harga tiket masih normal, kita juga terhindar dari para calo tiket yang bisa menaikkan harga tiket sekitar 100-300% dari harga normal.

Namum bila anda penumpang kapal terutama Pelni, dan kondisi anda sudah tidak bisa lagi membeli tiket di travel karena kehabisan, dan kalau membeli di calo kemahalan. Anda bisa naik saja ke atas kapal nanti disitu anda tinggal memberitahu kepada ABK untuk membeli tiket disana. Ini salah satu keuntungan tiket kapal dibanding pesawat, dan kereta.

B. Berkaitan dengan Keamanan dan Logistik

1. Kemanan

Keamanan yang paling krusial berkaitan dengan pemudik yang menggunakan motor atau mobil karena sangat rentan dari kecelakaan, agar perjalanan anda aman, sebelum keberangkatan anda harus memperhatikan beberapa hal, yakni keamanan pribadi, helm bagi para pengendara motor, pemasangan sabuk pengaman bagi mereka yang mengendarai mobil, selama perjalanan fokuskan diri anda untuk mengendarai kendaraan anda, jangan terpengaruh oleh hal-hal lain, nonaktifkan Hp anda. Keamanan kendaraan, sebelum keberangkatan anda harus memastikan semua sistem kendaraan anda bekerja dengan baik, sistem rem, kelistrikan, mesin, ban dan selalu meyediakan bahan bakar, ban cadangan di bagasi anda.

2. Logistik

Berbekal lah terlebih dahulu sebelum berangkat supaya tenaga anda fit untuk melakukkan perjalanan, siapkan makanan cadangan, seperti pop mie, indomie, makanan ringan, supaya anda tidak lapar selama perjalanan, untuk penumpang kapal kelas ekonomi, siapkan matras atau kertas semen, untuk dijadikan alas bila tidak mendapatkan tempat tidur. Untuk pengendara mobil atau motor, jangan forsir tenanga anda bila dalam perjalanan anda merasa capek, luangkan waktu anda untuk singgah ditempat makan dan beristirahat agar kondisi tubuh anda fit kembali dan siap untuk melanjutkan perjalanan kembali.

Akhirnya semoga info mudik dari saya bisa sedikit bermanfaat, untuk melancarkan perjalanan mudik anda dengan aman dan selamat sampai di tujuan.

25 agustus 2011

Salam

Umaee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s