Buton Bagian Negeri Nabi Sulaiman?

Ilustrasi

Ilustrasi

Teringat dengan pesan kakek buyutku, sesaat kemudian pikiran melayang menelusuri lorong-lorong memori tentang buyut yang sudah lama meninggal, lebih jauh lagi otak menelusuri lorong melewati ruang dan waktu ke masa silam.

Ada suatu rahasia yang erat kaitannya dengan keberadaan negeri Buton hingga sekarang, di dalam keraton Buton, persisnya di tempat sujud imam masjid terdapat lubang (pusena tana) yang terhubung langsung dengan Ka’bah di arab sana. Pertanyaanya adalah ada hubungan apa dimasa lalu pada kedua situs ini?

Baru-baru ini ditemukan melalui rangkaian logika alquran dan riset Lembaga Studi Islam dan Kepurbakalan yang dipimpin oleh KH. Fahmi Basya tentang borobudur yang sejatinya adalah peninggalan nabi sulaiman, baru kemudian kebudayaan hindu-budha tiba, kemudian diyakini sebagai sisa kebudayaan mereka, lengkapnya bisa dibaca disini.

Dalam penjelasannya, dalam bentuk borobudur terdapat angka 19 yang menceritakan suatu tempat dimana nabi sulaiman hidup. Juga kaitannya nama-nama tempat seperti Sleman dengan dengan nama Sulaiman, situs-situs candi misalnya ratu Boko atau ratu Balqis dst. Sesuai yang termatub dalam kita suci agama islam. Banyak ayat-ayat alquran yang menegasikan keterkaitan antara satu fakta dengan fakta yang lain. Fakta lain diceritakan, bahwa ada suatu tempat dimana semua gedung2 dibangun dengan emas yang menyala-nyala, tempat itu adalah kepingan sorga yang berada di dunia.

Dalam penjelasaanya kiyai itu, menyebutkan pada awalnya kepulauan indonesia adalah satu, oleh banyak ilmuan modern mengafirmasi bahwa pada riwayat terbentuknya bumi, pernah ada suatu masa dimana seluruh dunia menjadi beberapa daratan yang laus, banyak peradaban muncul, kemudiaan datanglah masa es semua peradaban hilang tertutup es. Dan saat es mencair daratan besar tadi sudah ditutupi oleh lautan, selanjutnya daratan luas tadi berpisah-pisah menjadi deretan-deretan kepulawan. Keadaan ini juga telah menghilangkan peradaban yang sangat maju pada waktu itu. Ada yang menyebutnya Kebudayaan Atlantis.

Kalau benar dugaan sementara ini, maka benar bahwa dulu kepulauwan Indonesia pernah menjadi satu, juga terdapat nabi besar umat Islam, nabi Sulaiman yang lama tinggal disini. Laiknya nabi yang di utus oleh Allah, selalu ada kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Sebagain banyak termaktub dalam kita al quran tapi sebagian lagi tertinggal pada sisa-sisa peradaban yang ditinggalkannya. Di buton sedikit memberi hubungan itu.

Kalau melihat posisi Buton utamanya pusena tanah yang secara spiritualis, juga secara energi mempunyai energi yang sama dengan dengan energi yang terpancar oleh ka’bah menjulang tinggi ke atas menembus hingga langit ke tujuh. Begitu pun dengan di pusena tana di Buton juga punya energi yang menjulang tinggi menembus langit ke tujuh.

Dikalangan masyarakat Buton, terdapat beberapa orang, kalau tidak mau dibilang sedikit, bahwa mereka mempunyai mandat untuk menyimpan pusaka-pusaka sakti (katuko naga, tri sula, dll) peniggalan buyut-buyut mereka yang tecatat dengan baik dari generasi ke generasi bahkan sebelum kebudayaan hindu-budha ada. walaupun pada generasi-generasi tertentu sering luput dicatat.

Jadi, apakah benar pusena tana di Buton adalah sisa peninggalan Nabi Sulaeman dengan kebudayaanya layaknya dugaan Borobudur sebagai peniggalan nabi Sulaiman baru-baru ini? Penelitian berdasarkan kaidah-kaidah ilmiad yang dalam dan butuh kesabaran lah yang dapat membuktikannya.

Salam

by Umaee

About these ads

2 thoughts on “Buton Bagian Negeri Nabi Sulaiman?

  1. Semua keadaan masa lalu memang tidak mungkin ditulis secara keseluruhan dalam alqur’an. Semoga saja benar bahwa Borobudur adalah peninggalan Nabi Sulaiman A.S, sebab belum tentu semua nabi diturunkan di tanah arab. Kalau Borobudur bukan peninggalan Nabi Sulaiman A.S, lalu kemanakah bekas istana Nabi Sulaiaman A.S? Mudah lenyapkah seperti istana kerajaan Majapahit? Disatu sisi memang tidak mudah mengklaim bahwa sebuah peninggalan adalah peninggalan Nabi Sulaiman A.S, tapi saya yakin bahwa istana Nabi Sulaiman A.S pasti beda dengan istana-istana raja bukan nabi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s